HSSKAB.IDMembangun rumah memang butuh dana yang besar. Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk membangun rumah, agar tidak mengalami pembengkakan dana baiknya Anda cari tahu bagaimana tips cara bangun rumah hemat budget yang perlu Anda pelajari.

Dengan mempelajari tips cara bangun rumah hemat budget, pengeluaran tak terkontrol tentunya dapat semakin diminimalisir. Potensi terjadinya pembengkakan biaya juga dapat ditekan. Penjelasan detailnya untuk Anda akan kami ulas dalam informasi di bawah ini. Let’s check these out!

Tips Cara Bangun Rumah Hemat Budget Untuk Pasangan Muda

Tentukan tipe rumah yang sesuai anggaran dan kebutuhan

Tentukan tipe rumah yang sesuai anggaran dan kebutuhan

 

Dalam tips cara bangun rumah hemat budget yang pertama perlu Anda perhatikan adalah soal tipe rumah seperti apa yang Anda ingin bangun. Hal ini penting karena tipe rumah yang Anda inginkan akan berdampak pada faktor anggaran biaya yang harus Anda siapkan dan juga kebutuhan soal rumah yang akan dibangun itu sendiri.

Buat perencanaan pembangunan sebaik mungkin

Rencana pembangunan sangat penting karena berfungsi sebagai alat pengendali segala kemungkinan yang akan terjadi selama proses pembangunan berlangsung. Jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu biaya yang harus Anda keluarkan juga akan mengalami imbasnya.

Hal tersebut karena semakin banyak kebutuhan bahan yang Anda harus siapkan dan pastinya biaya tukangnya juga akan mengalami pembengkakan. Oleh karena itu, rencana pembangunan harus Anda perhatikan betul dan komunikasikan dengan pihak – pihak yang terlibat dalam pembangunan rumah Anda.

Pastikan desain rumah yang Anda gunakan adalah desain rumah minimalis

Desain rumah dengan tipe minimalis memang saat ini sedang menjadi suatu trend. Nah, desain rumah minimalis selain menjadi trend, juga cocok dipilih karena efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun kesan modern dan mewah tetap dapat dirasakan.

Rumah tipe ini termasuk salah satu rumah yang tidak butuh lahan luas dalam pembangunannya. Sehingga budget untuk beli tanah bisa dialihkan untuk budget membangun rumah atau memenuhi furniture rumah baru Anda nantinya.

Rumah tipe minimalis ini banyak tipenya yang bisa Anda pilih. Ada tipe 36, 42, 60 dan sebagainya. Anda tinggal pilih saja mana tipe yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Ciptakan konsep ruang yang multifungsi

Rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya yang lebih mahal karena butuh bahan bangunan yang jauh lebih banyak. Untuk menghematnya, buat ruangan yang multifungsi. Misalkan ruang tamu yang fungsinya sebagai ruang keluarga, atau dapur yang dapat dipadupadankan dengan ruang makan. Dengan membuat ruangan yang multifungsi ini, Anda dapat lebih hemat dalam pengaplikasian ruang dan penggunaan bahan bangunan yang dibutuhkan.

Lakukan riset harga bahan bangunan

Lakukan riset harga bahan bangunan

Harga bahan bangunan yang semakin lama melonjak semakin tinggi menjadi salah satu faktor yang Anda harus pertimbangkan matang – matang dalam membangun rumah. Pastikan Anda memilih bahan bangunan yang harganya sesuai dengan kantong Anda agar pembengkakan biaya tidak Anda alami.

Namun tetap kualitas perlu Anda perhatikan dalam pemilihan bahan bangunan. Riset harga bahan bangunan juga perlu Anda lakukan sebelum pembangunan dilangsungkan agar Anda bisa mengira – ngira akan membangun rumah dengan bahan yang seperti apa dan budget yang harus disiapkan berapa.

Jika Anda punya banyak waktu, jangan ragu untuk melakukan riset harga bahan dari toko bangunan satu ke toko bangunan lainnya. Dengan begitu Anda bisa membandingkan harga – harga dari toko tersebut dan Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli di toko yang menyediakan harga ramah untuk Anda.

Pastikan memilih bahan bangunan yang murah dan berkualitas

Bahan yang berkualitas tidak harus mahal. Bahkan bahan mahal pun belum tentu berkualitas. Kini, sudah banyak bahan material lokal yang cocok menjadi pilihan dalam membangun rumah karena kualitasnya bisa dibilang hampir sama dengan produk impor, bahkan ada yang lebih bagus. Jadi, Anda bisa pilih!

Selektiflah dalam memilih juru bangunan

Membangun rumah sendiri bukan berarti bahwa Anda juga mendirikan rumah tersebut. Anda juga butuh jasa juru bangunan atau jasa tukang sebagai pelaksana pembangunan dan mereka yang akan meracik semua bahan bangunan dan kemudian menyajikan hasil akhirnya berupa bangunan rumah yang bagus dan berkualitas.

Nah, agar ekspektasi tentang rumah yang Anda bangun sesuai dengan hasil akhirnya, pastikan Anda memilih jasa tukang yang benar – benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Dengan begitu Anda tidak akan kecewa dengan jasa yang mereka berikan.

Lakukan proses pembangunan secara bertahap

Untuk membangun rumah Anda sendiri, pada dasarnya Anda tidak harus menunggu sampai dana Anda terkumpul sempurna. Anda dapat memulai membangun rumah secara bertahap mulai dari membangun pondasinya, mendirikan bangunannya sampai dengan memasang atapnya. Dengan begitu dana bisa lebih terkontrol.

Itulah beberapa tips cara bangun rumah hemat budget yang Anda harus pelajari. Dengan menerapkan tips di atas pembengkakan budget dalam membangun rumah tidak akan Anda alami.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here